Saturday 12 July 2014

Asas-Asas Pemikiran

00:05 Posted by Dziki No comments

Asas merupakan pangkal darimana sesuatu muncul dan dapat dimengerti. Kapasitas ini bagi kelurusan berfikir adalah mutlak, karena benar atau tidaknya sebuah pemikiran bergantung pada terlaksana atau tidaknya asas-asas ini. Adapun Asas-asas dalam pemikiran terbagi kedalam 3 jenis.

-Asas Identitas (Principium Identitatis)
Asas ini merupakan asas dasar dari pemikiran, bahkan menjadi dasar dari asas-asas yang lain. Asas ini mengatakan bahwa sesuatu adalah dirinya sendiri bukan yang lain. Artinya asas ini menegaskan ketunggalan definisi, sehingga tidak ada sesuatu hal yang berbeda dalam satu definisi. Analogi sederhananya, jika kita mengakui sesuatu itu adalah ‘Z’ maka sesuatu itu bukanlah ‘A’ atau ‘D’. Jika kita beri perumusan maka akan berbunyi “ Jika proporsi itu benar maka benarlah ia”.

-Asas Kontradiksi ( Principium Contradictoris)
Asas ini mengatakan prinsip pengingkaran sesuatu tidak mungkin sama dengan pengakuannya. Artinya sebagai mana disebutkan dalam asas identitas realitas itu hanya satu, maka dua kenyataan yang berkontradiksi tidak mungkin sama-sama secara simultan. Maka perumusannya kana berbunyi “Tidak akan ada proporsi yang benar atau salah dalam satu tempat sekaligus”.

-Asas Penolakan Kemungkinan Ketiga (Principium Exlusi Tertii)

Menurut asas ini bahwa kebenaran antara pengakuan dan pengingkaran terletak pada salah satunya. Maka jika dirumuskan akan menjadi “Suatu proporsi selalu dalam keadaan benar atau salah”.


0 comments: